INDONESIA BERSIAPLAH MENJADI RAJA DIGITAL ASEAN
bersiaplah indonesia jadi raja digital asean |
HALLO
GUYS...
Apa kabar nih buat kalian ? semoga baik-baik
saja yaa... yappp kali ini saya akan mengulas tentang EKONOMI DIGITAL ada yang sudah tau tentang Ekonomi Digital ? atau
mungkin kalian salalah satu pelaku Bisnis Digital ini ?
Akhir-akhir ini ekonomi digital sedang marak
terjadi yaa siapa lagi pelakunya kalau bukan kaula-kaula muda seperti kita ini
namun tak hanya kaum muda, yang sudah lama berkecimpung didunia bisnis atau yang
sudah senior pun melebarkan sayap prekonomiannya melalui Ekonoomi Digital.
Saya pernah dengar gerakan 1000 STARUP DIGITAL yang menandakan bahwa di
indonesia saat ini khususnya para kaum muda sedang gencar memanfaatkan tehnologi
Informasi untuk berbisnis contoh yang sering kita temui adalah Jual Beli Online
yang kebanyakan anak mudalah yang berperan aktif didalamnya.
Para entrepreneur
muda saat ini terlihat seperti tidak memiliki sebuah toko atau pun kantor namun
mereka memiliki toko Digital yang bisa mereka akses lewat internet. Pengguna
internet saat ini di Indonesia khusunya semakin banyak tak heran Internet
sekarang menjadi sebuah kebutuhan pokok yang harus ada di setiap hari layaknya
Smartphone yang selalu mereka bawa kemanapun mereka melangkah.
Pada tahun 2013 pengguna internet 71,2 juta, namun meningkat sekitar 34,9%
diakhir tahun 2014 menjadi 88,1 juta
penguna, ini menandakan kita sudah memasuki ERA DIGITAL. Berikut gambaran pengguna internet di Indonesia.
Gambar berikut menunjukan bahwa Kebanyakan
pengguna Internet di Indonesia mengakses dengan Smartphone mungkin dengan
alasan mudah dan bisa di akses dimanapun dan kapanpun.
Namun kebanyakan dari pengguna Internet di Indonesia
mengakses SOSIAL MEDIA seperti yang
kita ketahui sosial media semakin banyakk dan berpariasi sehingga menarik minat
para pengguna Internet khsusnyakaum MUDA.
pengguna internet lebih mendominasi smartphone |
ASEAN
POPULATION
Peluang
dan Tantangan Indonesia :
Dengan jumlah Penduduk melebihi 40% dari Total
Penduduk ASEAN, Indonesia memiliki banyak SDM yang berpotensi umbuh menjadi
Technopreneur dan menghasilkan karya/produk digital yang dapat dipasarkan untuk
60% populasi ASEAN selain Indonesia. Namun ndonesia juga berpotensi menjadi
pasar konsumtif dari karya/produk digital negara ASEAN lainnya. Untuk itu,
Ekonomi Digital di Indonesia perlu diperkuat.
DIGITAL
EKONOMI
“Sebuah Tempat Virtual dimana Bisnis
dijalankan, Nilai dibuat dan dipertukarkan, Transaksi berjalan dan Matangnya
hubungan satu-ke-satu dengan menggunakan Internet dan TIK sebagai media”–Amir
Hartman, Professor UCLA, Berkeley, 2000
Digital ekonomi meliputi berbagai sektor
contoh sektor pariwisata, kesehatan, industri dan lain sebagainya.
digital ekonomi |
PROSPEK
E-COMMERCE DI INDONESIA
prosfek e-commerce |
PERAN
PEMERINTAH
peran pemerintah |
ADA 7
POIN ROADMAP YANG PEMERINTAH BUAT.
peran pemerintah |
peran pemerintah |
nah jadi sekian dulu ya penjelasan tentang DIGITAL EKONOMI semogga kita semua sukses dan menjadikan Indonesia benar-benar RAJA DIGITAL EKONOMI ASEAN dan semoga anak muda Indonesia semakin termotivasi dan terus mengejar mimpi demi Indonesia yang lebih baik.
bye~
0 komentar: